Acil (Cerita Kucing) tahun 2012 kemarin umurnya 5 tahun

dari: Muhammad Hidayatullah

Kenalin nih.namanya Acil.taun 2012 kemarin umurnya 5 tahun.Sekitar pertengahan september dia ilang.Seminggu ga pulang pulang.Dpt kabar dia udah geletak gtu aja di pinggir jalan dkt rumah.

Buat saya kehilangan dia satu pukulan terberat.Krn 5 tahun bukan waktu yg sedikit untuk membuat kenangan bersama kucing ini yg udah saya anggap salah satu bagian dr keluarga.

Pertama kali ketemu Acil waktu induknya melahirkan dia.biasa lah kucing baru lahir.Kondisinya masih lemah.namun takdir berkata lain.Setelah Acil umur 2 minggu induknya meninggal dipangkuan saya krn keracunan.Beruntung Acil ga ada di rumah saat ibunya meninggal.Paginya tidur saya kebangun krn denger suara anak kucing mengeong.Ternyata itu Acil.Krn ga tega saya bawa aja masuk ke rumah.Mulai saat itu Acil saya asuh.

Mengurus kucing umur 2 minggu tanpa induk bukan hal mudah.Apa lagi saat itu saya masih sangat buta dlm hal mengurus bayi.Saya coba kasih susu biasa sebagai pengganti ASI.Awalnya dia ga mau minum.Mungkin karna biasa nyusu.1-2 hari ga diminum.Hari ketiga baru mulai mau minum.Itu saya lakukan setiap pagi dan sore selama sekitar 6 bulan.

Acil punya kebiasaan yang cukup unik.Dia paling suka sama buah korma.Dia bisa menghabiskan setoples kurma dlm waktu 3 hari.

Acil ini termasuk kucing bersih.Dia ga bsa sembarangan kencing/buang air.Selalu minta dibukain pintu kalo mau buang air.Dia juga type kucing yg caper.Saat dia masuk rumah dan ga ada yg meratiin selalu tuh dia caper dengan sengaja tiduran di sajadah pas ada orang sholat atau di keyboard laptop saya.Kalo udah begitu harus digendong dulu keliling rumah sama dikasih ikan sepotong baru dia brenti ganggu saya.Dia termasuk kucing yg takut sama suara blender.Saat ada suara blender badanya merinding sambil bulunya berdiri.Kalo udah begitu saya paling suka megang badanya.Pas dipegang langsung deh tu kucing lompat.Terus jantungnya berdetak kenceng.

Terakhir dia kena sinus.Udah diobatin tapi anehnya a sembuh sembuh.Sangking lamanya tu penyakit sinus sampe saya punya anggaran khusus beli tisu buat ngelap ingusnya dia.

Begitu banyak kenangan bareng Acil yg ga bsa dilupain sampe sekarang.Yang paling menyakitkan itu adalah saat dia pergi saya ga ada disampingnya.

Kini sudah 8 bulan dia pergi.Tapi rasa kehilangan itu masih ada.Sempat saya bermimpi ketemu dia di tempat yang sangat indah.

Selamat jalan nak.Semoga kamu tenang di alam sana.Sampaikan ke Tuhan bahwa kami selalu merindukanmu.#RIP Acil (setidaknya sampai malaikat mengganti namamu)